Kejutan Tim Debutan Melawan Konsistensi Tim Unggulan Di Piala Eropa 2016

Kejutan Tim Debutan Melawan Konsistensi Tim Unggulan Di Piala Eropa 2016

Kejutan Tim Debutan Melawan Konsistensi Tim Unggulan Di Piala Eropa 2016 – Hasil dan klasemen kualifikasi piala eropa 2016 dapat menjadi salah satu acuan untuk membaca kekuatan dari masing – masing tim yang berlaga di putaran final Piala Eropa di Perancis nanti. Di sisi lain; hasil undian kualifikasi yang menentukan tim mana saja yang tergabung di grup kualifikasi tertentu juga akan berperan pada hasil kualifikasi. Ada tim yang berhasil memenangkan seluruh pertandingan kualifikasi; sedangkan beberapa yang lain hanya gagal meraih nilai 3 di satu pertandingan saja.

Meskipun begitu; hasil kualifikasi tidak dapat dijadikan acuan mutlak untuk mengukur kekuatan setiap tim yang berlaga di putaran final karena kompetisi domestik masih akan berlangsung kurang lebih setengah musim. Perubahan kondisi, cedera pemain dan fluktuasi performa pemain dapat berdampak besar pada kekuatan tim di putaran final Piala Eropa yang mulai digelar pada 10 Juni 2016 nanti.

Setidaknya ada 4 tim dengan hasil kualifikasi yang terbilang mengesankan. Inggris menjadi tim dengan hasil kualifikasi terbaik setelah sukses menyelesaikan kualifikasi dengan nilai sempurna dan menjadi tim pertama yang lolos ke putaran final melalui babak kualifikasi. Wayne Rooney dan kawan – kawan menjadi juara Grup E dengan mengumpulkan nilai 30 dari 10 pertandingan yang dijalani. Roy Hogson berhasil memimpin tim nasional Inggris mengalahkan tim nasional Swiss, Slovenia, Estonia, Lithuania dan San Marino di laga kandang dan tandang. Mengingat kekuatan lawan yang dihadapi; memang Inggris menjadi tim terkuat di grup dri Grup E. Meski Inggris lolos dengan hasil sempurna; namun lawan yang dihadapi memang tidak sekuat lawan yang dihadapi tim – tim unggulan di grup lain.

Spanyol menjadi tim lain yang tampil cukup mengesankan di babak kualifikasi. Seperti halnya Inggris; Spanyol juga terbilang beruntung tergabung di Grup C saat menjalani kualifikasi. Lawan – lawan yang dihadapi Cesc Fabregas dan kawan – kawan terbilang cukup ringan. Spanyol mengakhiri kualifikasi dengan nilai 27 hasil dari 9 kali menang dan 1 kal kalah. Satu – satunya kekalahan yang dialami anak asuh Vicente Del Bosque terjadi saat laga tandang ke Slowakia.

Austria secara mengejutkan tampil sangat baik selama kualifikasi. Christian Fuchs dan kawan – kawan bahkan mencatat hasil lebih baik dari juara bertahan Spanyol saat mengakhiri kualifikasi Piala Eropa 2016. Austria mencatat 9 kali kemenangan dan 1 kali hasil imbang sehingga total mengumpulkan nilai 28 dari 10 pertandingan kualifikasi yang dijalani di Grup G. Keberhasilan Austria mendominasi Grup G sebenarnya cukup mengejutkan karena disana juga terdapat Swedia dan Rusia yang di atas kertas memiliki kekuatan yang berimbang.

Portugal yang mengumpulkan nilai 21 juga terbilang dominan di Grup I. Karena hanya menjalani 8 pertandingan kualifikasi; Portugal mencatat 7 kali kemenangan dan 1 kali kalah saat bermain tandang ke Albania. Lawan yang terbilang ringan juga menjadi keuntungan bagi Cristiano Ronaldo dan kawan – kawan untuk mendominasi Grup I dan lolos sebagai juara grup.

Keberhasilan Austria lolos dari babak kualifikasi sebagai juara Grup G merupakan sebuah kejutan; namun masih ada kejutan lain di babak kualifikasi yang diperlihatkan oleh tim non unggulan. Irlandia Utara menjadi tim yang memberi kejutan di Grup F setelah lolos sebagai juara grup mengalahkan Rumania dan Hungaria yang lebih diunggulkan. Kekuatan tim di Grup F memang terbilang cukup berimbang. Hal ini terlihat dari selisih nilai tim peringkat pertama hingga ketiga yang tidak terlalu jauh. Irlandia Utara menjadi juara grup dengan mengumpulkan nilai 21 setelah mencatat 6 kemenangan, 3 hasil imbang dan 1 kali kalah.

Meski lolos sebagai juara Grup F; Irlandia Utara berada di pot 4 saat dilakukan pengundian grup di babak penyisihan Piala Eropa 2016. Kyle Lafferty akan tergabung di Grup C bersama Jerman, Ukraina dan Polandia. Akan dibutuhkan kerja keras dan mungkin keberuntungan bagi Irlandia utara untuk lolos dari fase grup mengingat lawan – lawan yang dihadapi tidak dapat dianggap ringan. Satu hal yang perlu diingat adalah kekuatan tim yang lolos ke putaran final memang tidak dapat dinilai berdasar hasil dan klasemen kualifikasi piala eropa 2016. Kejutan Tim Debutan Melawan Konsistensi Tim Unggulan Di Piala Eropa 2016 yang akan seru untuk di tonton nantinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *