Ulasan Dibalik Babak Kualifikasi Piala Eropa 2016

Ulasan Dibalik Babak Kualifikasi Piala Eropa 2016

Ulasan Dibalik Babak Kualifikasi Piala Eropa 2016 – Jadwal kualifikasi Eropa 2016 bisa Anda temukan di berbagai situs bola.  Babak kualifikasi dari  Piala Eropa 2016 sudah berakhir dengan lolosnya 24 negara dari berbagai babak. Namun sebelum Anda mengikuti Piala Eropa 2016, apakah Anda sudah mengetahui sejarah Piala Eropa.

Sejarah piala Eropa

Piala Eropa adalah turnamen yang didirikan dan diprakarsai oleh Henry Delaunay, dia adalah seorang sekretaris dari Federasi Sepakbola Prancis. Dia mengusulkan turnamen ini pada tahun 1927. Pada awalnya, idenya ini tidak didukung oleh banyak orang, sampai akhirnya pada tahun 1960, ide untuk mengadakan turnamen ini terwujud.

Sampai turnamen ini berlangsung di tahun 1980, tidak banyak tim yang ikut berkompetisi sampai babak final yaitu hanya sebanyak empat tim saja. Namun itu semua hanya masa lalu karena sekarang, ada 16 tim yang tampil pada babak final turnamen Piala Eropa dan turnamen ini sudah masuk dalam kalender empat tahunan di dunia sepakbola, tidak hanya sepakbola Eropa, akan tetapi juga sepakbola dunia.

Berbicara mengenai babak kualifikasi, setiap babak kualifikasi memiliki fakta uniknya masing-masing, tidak terkecuali dengan babak kualifikasi pada Piala Eropa 2016, penasaran? Berikut ulasannya.

Laga pamungkas

Laga pamungkas selalu menjadi laga penentu dan membuat pertandingan semakin seru. Sejumlah pertandingan pamungkas yang diadakan secara serentak akan menentukan nasib dari beberapa negara untuk memastikan posisinya di babak utama yang akan berlangsung di Prancis.

Contohnya adalah pertandingan yang terjadi di grup A. Belanda yang mengharapkan lolos dari grup dan mendapatkan tiket play-off justru tidak terjadi. Harapan Belanda untuk melihat Turki terjungkal juga tidak menjadi kenyataan. Belanda gagal untuk tampil di Piala Eropa setelah pada laga terakhir harus kalah di kandang sendiri. Belanda kalah 3-2 dasri Republik Ceko sehingga impian mereka untuk lolos terkubur sudah.

Bertolak belakang dengan Belanda, Turki justru tampil dengan sangat apik setelah pada laga terakhir mereka mampu untuk mengalahkan Islandia dengan skor 1-0. Gol tunggal penentu kemenangan Islandia dicetak oleh Selcuk Inan. Selain itu, kemenangan juga telah membuat Turki lolos sebagai peringkat ketiga terbaik.

Laga dramatis

Tidak hanya laga pamungkas saja yang menentukan, babak kualifikasi adalah babak yang identik dengan  hasil akhir yang dramatis. Di grup H,  Norwegia adalah salah satu negara yang berpeluang lolos otomatis, namun mereka sempat kecolongan dua gol yang dicetak oleh Italia. Gol yang dicetak pada akhir babak kedua. Hasil ini membuat Norwegia terpaksa untuk tampil di babak play-off. Posisi kedua yang seharusnya mereka bisa pertahankan malah direbut oleh Kroasia yang menang atas Malta dengan skor 1-0. Gol tunggal penentu kemenangan Kroasia dicetak oleh Ivan Perisic.

Di Grup B terjadi persaingan sengit untuk memperebutkan tiket play-off. Salah satu tiket play-off tersebut didapatkan oleh Bosnia-Herzegovina. Mereka berhasil menumbangkan Siprus melalui pertandingan dan skor akhir yang ketat yaitu 3-2. Israel yang juga memiliki peluang untuk mendapatkan tiket play-off harus menutup asanya setelah kalah dari sang pemuncak klasemen yaitu Belgia dengan skor 3-1.

Dalam setiap turnamen, akan selalu ada grup yang dijadikan sebagai grup maut. Grup E bisa jadi salah satu grup maut beranggotakan Belgia, pemuncak rangking FIFA, Italia, Swedia, dan Republik Irlandia. Selain itu, kejutan juga mungkin saja datang dari beberapa tim seperti tim tuan rumah Prancis juga pasti akan menuai banyak perhatian dari para penggemar sepak bola.

Berdasarkan Ulasan Dibalik Babak Kualifikasi Piala Eropa 2016, grup A berada pada peringkat paling bawah. Meskipun begitu, ada juga grup atau tim yang meraih hasil stagnan di babak kualifikasi seperti Rumania dan Albania. Rumania adalah tim yang meraih hasil imbang tanpa gol dalam tiga laga secara beruntun. Mereka bahkan hanya mencetak 13 gol. Hasil yang membosankan juga diraih oleh tim Albania.

Mereka hanya mencetak tujuh gol, bahkan mereka mendapatkan hadiah kemenangan 3-0 atas Serbia akibat pertandingan yang tidak terlaksana. Laga Swiss dengan Prancis mungkin bisa menjadi penghibur. Kedua tim mencetak tujuh gol di Piala Dunia. Namun fakta ini tetap saja membuat grup A menjadi grup yang kurang bisa diharapkan. Jadwal kualifikasi Eropa 2016 sudah dilaksanakan, mari bersiap untuk putaran final pada bulan Juli 2016 mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *